PENGARUH PELAKSANAAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

 PENGARUH PELAKSANAAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

(SURVEI PADA KONSUMEN AMDK NARMADA DI KOTA MATARAM)

 ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan advertising terhadap keputusan pembelian baik secara bersama-sama maupun parsial, variabel yang memiliki pengaruh paling dominan serta persepsi masyarakat Kota Mataram terhadap periklanan yang dilakukan oleh PT Narmada Awet Muda. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan, sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil dari uji F pada penelitian ini menunjukkan nilai sig F yaitu sebesar 0.001, yang berarti secara simultan/serentak, variabel-variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel media cetak dan media elektronik berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel media luar ruangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Memasukkan variabel dampak komunikasi terhadap respons konsumen seperti AIDA (attention, interest, desire, action), hierarchy-of-effect model dan model komunikasi mungkin akan memberikan sumbangan yang lebih berarti terhadap penelitian sejenis.

Kata Kunci: Periklanan dan Keputusan Pembelian

JURNAL ADVERTISING

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *