MEREK

Merek

MERKDefinisi Merek

Definisi merek menurut Tjiptono (2008) adalah janji penjual untuk menyampaikan kemampuan sifat, manfaat dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli.

Sedangkan Simamora (2003) mendefinisikan merek sebagai nama, tanda, simbol, atau desain, atau kombinasi atau semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau jasa suatu penjual dari barang dan jasa penjual lain.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa merek adalah nama, istilah, lambang, tanda, desain atau kombinasi atribut produk untuk mengidentifikasikan suatu produk, memberikan arti serta untuk membedakan dengan produk pesaing (diferensiasi).

Pentingnya Pemilihan Cap dan Merek

Pemilihan cap, untuk suatu jenis barang perlu sekali dipikirkan karena jelas bahwa bagaimanapun kecilnya merek atau cap atau brand yang telah kita pilih mempunyai pengaruh terhadap kelancaran penjualan.

Pemberian merek terhadap hasil produksi ini harus hati-hati jangan menyimpang dari keadaan dan kualitas serta kemampuan perusahaan. Nama merek harus disesuaikan dengan keadaan produk atau perusahaan yang bersangkutan.

Tujuan Pemberian Merek

Tujuan pemberian merek menurut ( Alma 2007) adalah:

  1. Pengusaha menjamin konsumen bahwa barang yang dibeli sungguh berasal dari perusahaannya. Ini adalah untuk meyakinkan pihak konsumen membeli suatu barang yang dikehendakinya, yang cocok dengan seleranya, keinginannya dan juga kemampuannya.
  2. Perusahaan menjamin mutu barang. Dengan adanya merek ini perusahaan menjamin mutu bahwa barang yang dikeluarkannya berkualitas baik, sehingga dalam barang tersebut selain ada merek juga disebutkan peringatan-peringatan seperti apabila dalam jenis ini tidak ada tanda tangan ini maka itu adalah palsu.
  3. Pengusaha memberi nama pada merek barangnya supaya mudah diingat dan disebut sehingga konsumen dapat menyebutkan mereknya saja.
  4. Meningkatkan ekuitas merek, yang memungkinkan memperoleh margin lebih tinggi, memberi kemudahan dalam mempertahankan kesetiaan konsumen.
  5. Memberi motivasi pada saluran distribusi, karena barang dengan merek terkenal akan cepat laku, dan mudah disalurkan. Serta mudah penanganannya.

 

This entry was posted in MANAJEMEN PEMASARAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *