Keutamaan Surat Adh Dhuha

Keutamaan Surat Adh Dhuha

SURAT AD DUHASurat Adh Dhuha adalah surat ke 93, terdiri dari 11 ayat. Dinamakan Adh Dhuha karena diambil dari lafal Adh Dhuha yang terdapat pada ayat pertama, yang artinya : waktu naik matahari sepenggalahan.

Surat Adh Dhuha berisi keterangan mengenai bimbingan dan pemeliharaan Allah swt terhadap Nabi Muhammad saw dengan cara tak putus-putusnya, dan mengandungi pula perintah kepada Nabi Muhammad saw supaya mensyukuri segala nikmat yang ada. Di dalam surat ini ditegaskan larangan menghina anak yatim dan menghardik orang yang minta-minta.

Khasiat dari Surat Adh Dhuha adalah :

  1. Apabila orang membiasakan membaca surat ini setiap pagi (waktu matahari terbit) dan petang (waktu matahari terbenam) 7 kali, Insya Allah dia akan selamat dari pencurian atau kehilangan barang.
  1. Untuk mengembalikan anaknya atau keluarganya yang lari dari rumah.

Sholat Dhuha 6 rakaat tiap-tiap hari Jum’at selama anak atau keluarganya yang hilang belum kembali. Selesai sholat membaca surat Adh Dhuha 7 kali kemudian berdoa :

اَللَّهُمَّ يَا غِنِيُّ يَا مُغْنِي، يَا رَآدَّ كُلِّ غَانِبِ، يَا جَامِعَ الشَّتَّاتِ يَا مَقَالِدَ الْاُمُوْرِ بِيَدِهِ. اِجْمَعْ عَلَيَّ ضَائِعِى وَآبِقِى اِنَّهُ لَا جَامِعَ لَهُ اِلَّا اَنْتَ.

Insya Allah, anak atau keluarga yang lari atau hilang akan segera kembali dengan baik dan selamat.

3.Orang yang membiasakan membaca surat ini setiap hari sebanyak 40 kali dan setelah itu berdoa seperti dibawah ini:

اَللَّهُمَّ يَا غِنِيُّ يَا مُغْنِي، اِغْنِنِى غِنًا لَا اَخَافُ بَعْدَهُ فَقْرًا وَاهْدِنِى فَاِنِّى ضَالٌّ وَعَلِّمْنِى فَاِنِّى جَاهِلٌ.

Maka Allah akan mengutus suatu makhluk untuk memberitahu tentang sesuatu yang bakal terjadi atas dirinya, baik pada waktu tidur atau waktu jaga.

Sumber:Bloq Islami,Mu’jizat Alqur’an

This entry was posted in BUDAYA ORGANISASI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *