SWOT

ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan srtategi pemasaran sepeda motor yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan Threats) pada PT. Samekarindo Indah Samarinda.

            Hasil penelitian yang dilakukan penulis pada PT. Samekarindo Indah adalah dengan menggunakan alat analisis SWOT, maka PT. Samekarindo Indah dapat menggunakan alternatif strategi-strategi berikut :

a.      Strategi Strength – Opportunities

1)      Pertahankan dan tingkatkan kualitas produk maupun pelayanan purna jual

2)      Pengembangan pasar menengah kebawah

3)      Mengadakan kegiatan eksibisi

b.      Strategi Weaknesses – Opportunities

1)      Promosi yang terarah

2)      Promosi yang lebih gencar dengan mengadakan, mengikuti atau sebagai sponsor di berbagai event, promosi melalui media cetak dan media jejaring sosial.

3)      Menambah sub dealer

c.       Strategi Strenght – Threats

1)      Mengembangkan daya saing

2)      Meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan

d.      Strategi Weaknesses – Threats

1)      Memperluas area promosi dengan membuka outlet – outlet untuk memperluas jaringan penjualan

2)      Menambah variasi penjualan dealer seperti menjual aksesoris motor yang sedang trend di masyarakat

3)      Memberikan diskon harga spare partbagi konsumen yang loyal

 

Kata Kunci      : Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran

READ.PENELITIAN

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *