Cara Menghargai Orang Lain

Bagaimana Cara Menghargai Orang Lain (10 Tips)

Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai oleh orang lain. Jika anda ingin dihargai oleh orang lain, anda harus menghargai orang lain. Pada kenyatannya tidak semua orang mudah menghargai orang lain. Jika anda ingin belajar menghargai orang lain, berikut ada beberapa tips cara menghargai orang lain yang dapat terapkan.

1. Bersikap Ramah
Bersikap ramah adalah cara menghormati setiap orang baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Jika anda bersikap ramah terhadap orang lain maka orang lain juga akan menunjukkan sikap bersahabat kepada anda.

2. Bersikap Adil
Bersikap adil kepada semua orang membuat setiap orang merasa dihargai dan diperlukan setara. Setiap orang ingin diperlakukan dengan adil. Jika seseorang merasa diperlakukan tidak adil, ia akan cenderung memberikan respek buruk.

3. Jangan Menghina atau Mengejek
Menghargai orang lain berarti tidak merendahkan derajatnya di depan umum. Menghina atau mengejek orang lain dapat membuat ia sakit hati. Hindari menggunakan kata-kata yang menyakiti perasaan orang lain.

4. Hormati Pendapat Orang Lain
Mendengarkan adalah sebuah penghargaan. Setiap orang ingin dihargai saat ia berbicara atau mengemukakan pendapat. Dengarkan dan hormati pembicaraan orang lain sekalipun anda tidak sependapat. Berikan pendapat anda jika diminta.

5. Berikan Dukungan
Anda dapat memberikan dukungan secara moril jika anda setuju terhadap perbuatan baik atau ajakan baik seseorang. Hal ini membuat seseorang yang telah berusaha berbuat baik merasa dihargai.

6. Perhatikan Kesukaan dan Ketidaksukaan Orang Lain
Mengetahui kesukaan dan ketidaksukaan seseorang membantu anda untuk menghargainya dan menghindarkan anda berbuat sesuatu yang membuatnya tidak senang, baik secara sengaja maupun tidak.

7. Jangan Menyindir Orang lain
Hargai orang lain dengan tidak mengungkit keburukannya, meskipun anda tidak menyebutkan namanya. Menyindir adalah membicarakan dengan sengaja tentang keburukan seseorang secara tidak langsung. Bagi orang yang merasa disindir, sindiran sama saja dengan penghinaan yang merendahkan dirinya.

8. Jangan Membicarakan Kejelekan Orang Lain
Menghargai orang lain adalah menyembunyikan kekurangannya. Membicarakan kejelekan orang lain di belakangnya dapat menjatuhkan wibawanya. Hindari menggunjing orang lain, ingatlah akan kekurangan diri anda sendiri sebelum membicarakan kekurangan orang lain.

9. Sensitif terhadap Perasaan Orang Lain
Adakalanya pembicaraan atau perbuatan anda dapat menyinggung perasaan orang lain meskipun anda tidak bermaksud demikian. Berlaku sensitif terhadap perasan orang lain menghindarkan anda untuk membicarakan atau berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan bagi orang lain.

10. Jangan Memaksa Orang Lain
Menghargai orang lain adalah menghormati hak asasinya. Hindari memaksa atau melakukan intimidasi terhadap orang lain agar melakukan sesuatu yang diluar wewenang anda. Sumber : Tim Olvista

This entry was posted in BUDAYA ORGANISASI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *