Bisnis (masalah&Solusi)

Masalah dan Solusi Dalam Bisnis

Masalah

Dalam bisnis tak lepas dari masalah,bisa masalah dalam lingkungan makro(organisasi dan perantaranya), maupun internal(permasalahan pribadi).
Masalah yg utama adalah:

  • Karena itu nyawanya berjalan atau tidaknya bisnis kita,dan merupakan pendorong.semakin tidak tau ilmu bisnis maka akan semakin berani dalam bisnis.tapi yang sudah tau,justru takut untuk melakukan.
  • Orang sukses bilang Bukan utama dan bukan syarat bisnis,halah aku tetep saja susah tanpa modal…
  • PERCAYA DIRI,percaya diri punya keinginan yg kuat tapi dalam dirinya tak yakin mampu atau tidak.
  • MENEJEMEN PRIBADI YANG TIDAK TERARAH.Seseorang bisa memenej organisasi maka dia bisa memenej dirinya sendiri.
  • Mulai membawa/jaringan,embrionya dari pergaulan,modal utama adalah bgaimana brorganisasi,karena jaringan itu pengganti modal.jaringan makin tinggi maka modal tidak jadi masalah…benarkah?? Hmmm
  • Kejujuran,amanah,menjadi patokan dalam internal bisnis.
  • Kalau kita berbisnis tak lepas dari sistim,satu sistim dengan sistim lainnya tdk terintegrasi maka sistim yg kecil harus berkembang dan mencari rekan yg berpotensi dengan baik.Jangan sampai orang2 ditempatkan yg tdk sesuai dengan bidangnya..Bagaimana kalau modal ada tapi motivasi tidak ada?,Jawabanya,maka bisnis itu tidak ada ruhnya.jadi diperlukan join dengan orang yg memiliki modal.

 

Solusi

Perkembangan dalam bisnis tidaklah mudah. Banyak sekali bisnis yang akhirnya mengalami ‘Stagnan’.

Lalu, apakah solusi yang cocok untuk menyembuhkan masalah ‘Stagnan’ dalam bisnis? Check this out!

  •  Re-Marketing Plan,Coba lihat dan kaji lagi marketing plan yang sudah kamu buat. Apakah sudah menggambarkan strategi yang baik? Apakah risetnya cukup? Apakah ada perubahan perilaku konsumen? Apa saja yang sudah competitor lakukan?. Berbagai pertanyaan tersebut harus mampu dijawab dengan baik dalam marketing plan.Perusahaan harus mampu merevisi marketing plan agar rencana yang akan datang membawa perubahan yang lebih baik, tidak seperti keadaan saat ini.
  • Efisiensi Sistem,Periksa lagi system bisnis, apakah sudah efisien? Apakah mendorong kreatifitas? Apakah hemat biaya dan tepat guna? Apakah standarisasi sudah dijalankan dengan baik?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin harus benar-benar dikaji ulang dan harus mampu dijawab dengan baik.System bisnis yang baik akan menghasilkan input-process-output yang baik. Apabila terjadi kesalahan, maka keseluruhan process tersebut bisa terganggu yang nantinya akan menghambat perkembangan perusahaan.
  • Hire a Right Person,Mungkin perusahaan perlu perubahan yang lebih besar agar dapat berkembang. Untuk itu, rekrutlah orang yang tepat di posisi yang sedang bermasalah saat ini.Rekrut orang yang punya ide dan visi yang fresh, jangan takut untuk menggaji lebih tinggi dari standar apabila memang dinilai kebijakan ini cukup layak.
  • Riset,Kunci dalam mengetahui apa sebenarnya masalah bisnis adalah riset. Baik riset internal maupun external, karena masalah mungkin saja tidak hanya dari dalam perusahaan, tapi juga dari luar.Bila sudah dapat inti dari permasalahan yang menyebabkan perusahaan tidak berkembang, maka kamu akan jauh lebih mudah mengambil langkah strategis selanjutnya.
  • Plan-Do-Check-ActLakukan semua proses diatas secara berkesinambungan, atau istilah umumnya: Plan-Do-Check-Act. Rencanakan, lakukan, evaluasi, dan lakukan lagi.Bila sebuah masalah sudah dideteksi dengan baik, maka kamu akan lebih mudah dalam menemukan solusi yang tepat untuk masalah bisnis yang sedang perusahaan kamu alami.(sumber NN)

 

This entry was posted in BISNIS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *