Angket

ANGKETangket

Angket atau yang sering kita dengar dengan sebutan  Kuesioner merupakan sebuah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi beberapa pertanyaan. Kuesioner / angket pada umumnya berbentuk pertanyaan tertulis kepada responden.

Kegunaan Angket

Angket dapat digunakan sebagai penelitian jika pengisi angket (Responden) merupakan orang yang paling tahu tentang dirinya sendiri. Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka seorang responden harus dapat dipercaya, jangan sampai dalam mengisi angket memberkan jawaban yang asal asalan. Jumlah responden yang mengisi angket haruslah memenuhi kuota yang kita inginkan. Semakin banyak responden maka semakin akurat pula penelitian yang sedang kita uji. Pertanyaan pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner / angket sebisa mungkin singkat padat dan jelas.

Beberapa keuntungan dari kuesioner/angket dibanding dengan lainnya yaitu kerahasiaan terjamin, Cepat, dan murah. Selain itu, peneliti tidak wajib hadir dalam pengisian angket / kuesioner.

Pertanyaan Kuesioner / Angket

Pada umumnya angket berisi tentang pertanyaan pertanyaan sebagi berikut :

  • Pertanyaan tentang pendapat,Pertanyaan ini berkaitan dengan perasaan dan sikap responden terhadap sesuatu.
  • Pertanyaan tentang persepsi diri,Pertanyaan tentang persepsi diri biasanya menyangkut bagaimana cara responden menilai sesuatu tentang perilakunya sendiri. Yaitu dalam hubungannya dengan orang lain atau lingkungan.
  • Pertanyaan tentang fakta,Pertanyaan ini memuat sebuah fakta dari seorang resonden. Misalnya yaitu mengenai umur, pendidikan, agama. Selain itu, informasi yang diketahui oleh responden juga dikategorikan dalam fakta.

 

Hal hal yang harus diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika kita membuat pertanyaan angket. Hal hal yang harus kita perhatikan yaitu :

  • Gunakan kata kata yang mudah dipahami, usahakan jangan menggunakan perkataan yang sulit
  • Jangan gunakan pertanyaan yang memiliki makna ambigu
  • Jangan membuat pertanyaan yang melakukan responden
  • Hindarkan pertanyaan yang menghendaki ingatan

Skala Penelitian 

Beberapa Jenis Skala Penelitian yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

  • Skala Likert,Pertanyaan yang terkandung didalamnya meliputi kejadian atau gejala sosial. Misalnya yaitu : Setuju/tidak setuju , puas/tidak puas , dll.
  • Skala Guutman,Skala guttman digunakan untuk jawaban yang bersifat jelas dan tegas. Misalnya Yakin-tidak, Benar-salah, Pernah-belum, Setuju-tidak setuju, Positif-negatif.
  • Skala Diferensial Semantik ,Skala perbedaan semantik (ilmu arti kata) berisi serangkaian karakteristik bipolar (dua kutub).
  • Skala Rating ,Skala rating berisikan pertanyaan mengenai data penilaian kuantitatif yang ditafsirkan dalam pengertian kualitatif.
  • Skala Thrustone,Skala Thurstone merupakan skala penelitian yang menyajikan beberapa pernyataan yang berbeda, kemudian responden diminta memilih beberapa pernyataan yang dia setujui.

 

This entry was posted in QUISIONER. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *