PENELITIAN

PENGARUH GAJI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA CV.UNION JAYA MOTOR (DAIHATSU) PALEMBANG

OLEH : WAHYUDI

 

1.PENDAHULUAN

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu aset organisasi yang paling penting karena dengan sumber daya manusia yang baik diharapkan mampu untuk menjawab semua tantangan yang datang dari dalam maupun luar organisasi untuk mencapai tujuan. Pemberian gaji  yang baik merupakan suatu usaha untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia dalam suatu organisasi maupun institusi. Oleh karena itu melalui pemberian gaji diperlukan  agar sumber daya yang dimiliki mempunyai kompetensi dan dapat mendukung tercapainya tujuan perusahaan.

Dalam menjalankan setiap aktivitas atau kegiatan sehari-hari pemberian gaji bisa berhubungan dengan masalah disiplin baik waktu maupun tempat. Apapun bentuk kegiatan itu, jika dilaksanakan dengan tepat waktu tidak pernah terlambat, maka itu pula yang dikatakan tepat waktu. Demikian pula dengan ketepatan tempat, jika dilaksanakan dengan konsekuen, maka predikat disiplin tersebut merasuk kedalam jiwa seseorang. Begitu banyak orang, baik secara pribadi maupun secara kelompok yang belum bahkan tidak mengindahkan produktivitas. Produktivitas mencerminkan besarnya rasa tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Produkitivitas kerja dapat diartikan sebagai kesadaran dan kesetiaan karyawan untuk melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan dengan selalu mentaati peraturan perusahaan.

Keberhasilan suatu perusahaan dapat didukung oleh pemberian gaji yang baik sehingga produktivitas karyawan dapat mencapai target yang diharapkan perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dari aturan yang telah ditetapkan perusahaan. Peraturan itu harus bersifat jelas, mudah dipahami dan adil, yaitu baik bagi pimpinan yang tertinggi maupun bagi karyawan yang terendah. Gaji dibutuhkan untuk tujuan organisasi yang lebih jauh, guna menjaga efisiensi dengan mencegah dan mengoreksi tindakan-tindakan individu dalam iktikad tidak baiknya terhadap kelompok.

Perkembangan bisnis yang pesat khusunya pada CV.Union Jaya Motor (Daihatsu) berusaha meningkatkan kualitas sumber daya yang dimiliki untuk menghadapi persaingan, salah satu usaha perusahaan untuk meningkatkan sumber daya yang dimiliki dengan cara meningkatkan produktivitas.Pemberian Gaji pada suatu perusahaan dibutuhkan dalam upaya meningkatkan Produktivitas karyawan untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran tugas, sehingga diperoleh hasil yang optimal.

CV, Union Jaya Motor (Daihatsu) merupakan salah satu perusahaan  yang secara langsung berhubungan dengan konsumen, maka sudah selayaknya karyawan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen maupun pelanggannya. Perasaan puas yang dirasakan konsumen atau pelanggan mencerminkan bahwa karyawan sudah menunjukkan kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan. Sebagai suatu industri otomotive dalam menyelenggarakan pelayanannya harus didukung oleh sarana dan fasilitas yang memadai. Sehingga usaha otomotive benar – benar menjadi usaha komersial yang mampu mendapatkan keuntungan yang sebesar – besarnya.

Dalam mencapai tujuan perusahaan, CV.Union Jaya Motor Palembang menerapkan peraturan-peraturan dan tata tertib yang bertujuan untuk meningkatkan produuktivitas karyawan agar tetap selalu terjaga. Setiap karyawan harus mentaati semua peraturan dan tata tertib yang ada, sehingga nantinya karyawan dapat melaksanakan kewajibanya dengan baik dan ikut berperan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Pemberian gaji yang dilaksanakan bertujuan untuk mendorong para karyawan agar mengikuti berbagai standar dan aturan. Pelaksanaan tugas bagi yang baik harus ditanamkan dalam diri karyawan sebaiknya bukan atas dasar paksaan semata, tetapi lebih didasarkan atas kesadaran dari dalam diri karyawan, ketidak disiplinan individu atau karyawan dapat mempengaruhi produktivitas kerja organisasi. (Tohardi, 2002).

Berdasarkan uraian diatas serta pentingya disiplin dalam suatu perusahaan maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Gaji Terhadap Produktivitas Karyawan Pada CV.Union Jaya Motor Palembang”.

PENELITIAN wahyudi

This entry was posted in BUDAYA ORGANISASI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *