JURNAL

ANALISIS CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KOPERASI MITRA SEJATI (SAMPOERNA SAHABAT UKM) KECAMATAN BANYUASIN III

SUMATERA SELATAN

 Sonata Agung Bramasta. Dibimbing oleh Wiwin Agustian dan Fitriasuri.

Email : abubakar11151009@gmail.com, wiwinagustian@binadarma.ac.id, Fitriasuri@binadarma.ac.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Analisis Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan ”. Target populasi dalam penelitian ini adalah penduduk di Kecamatan Banyuasin III Sumatera Selatan. yang merupakan konsumen PT. Koperasi Mitra Sejati (Sampoerna Sahabat UKM). Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh hubungan antara variabel satu dan lainnya dan juga menggunakan Uji Hipotes yang bertujuan untuk melihat pengaruh variabel Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan pengaruhnya secara parsial. Regresi Linear Sederhana yang dihasilkan adalah Y = 1.091 + 0.553X. Hasil Koefisien Korelasi R sebesar 0.911 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang SANGAT KUAT antara variabel. Koefisien Determinasi R2 sebesar 0.830 yang berarti bahwa Citra Perusahaan mampu mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dengan persentase nilai 83%, sedangkan sisanya 17 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Citra Perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kata Kunci : Citra Perusahaan. Kepuasan Pelanggan

 

ABSTRACT

This study was conducted to determine the “Effect Image Perusaan Customer Satisfaction”. The target population in this study were residents in the area Banyuasin III which are customers of PT. Koperasi Mitra Sejati. This study took a sample of 60 respondents. The analytical tool used is a simple linear regression which aims to measure the extent of the relationship between variables influence one another and also using the t test statistics that aims to see the influence of Corporate Image variables of customer satisfaction partially. Simple Linear Regression produced is Y = 1,091 + 0.553X. Results The correlation coefficient R of 0911 which showed that the image of the company is able to affect customer satisfaction very strong. The coefficient of determination R2 of 0.830, which means that the image of the company is able to affect customer satisfaction with a percentage value of 83%, while the remaining 17% is influenced by other variables that are not described in the study. The conclusion from this study is the image of the Company has a significant influence on customer satisfaction pad PT Koperasi Mitra Sejati (Friends Sampoerna UKM) Banyuasin III..

 Keywords: Corporate Image, Customer Satisfaction

JURNAL

This entry was posted in BUDAYA ORGANISASI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *