JURNAL

PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PGASCOM PALEMBANG

Wiwin Agustian,Universitas Bina Darma

Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 3 Palembang

wiwinagustian@binadarma.ac.id

 Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel promosi jabatan dan variabel  seleksi penerimaan karyawan terhadap kinerja pada PT.PGASCOM. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriftif kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda, metode ini digunakan untuk mengetahui   berapa besar pengaruh variabel promosi jabatan dan variabel seleksi penerimaan karyawan terhadap kinerja karyawan. Sample dalam penelitian ini adalah karyawan PT.PGASCOM dengan menggunakan samle jenuh yaitu sebanyak 35 karyawan. Berdasarkan hasil dari analisis dan berdasarkan data-data yang telah diolah maka diperoleh hasil yang menjelaskan bahwa variabel promosi jabatan dan seleksi penerimaan karyawan berpengaruh secara signifikan terhadapa kinerja karyawan pada PT.PGASCOM.  Namun jika dilihat  nilai pada persamaan regresi secara parsial maka variabel promosi jabatan mempunyai nilai yang lebih besar dibandingkan dengan variabel seleksi jabatan, hal ini menjelaskan juga bahwa variabel promosi jabatan lebih berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: Promosi Jabatan, Seleksi, Kinerja

 1.      PENDAHULUAN

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, dimana persaingan semakin kompetitif, maka pengolahan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Seperti yang dikemukakan oleh Mangkuprawira (2002), bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu motor penggerak utama bagi setiap operasi perusahaan. Berdasarkan dari pengertian tersebut, menjelaskan bahwa sumber daya manusia merupakan sumber daya yang sangat penting dibandingkan dengan sumber-sumber daya lainnya sehingga pengembangan sumber daya manusia merupakan cara utama untuk memenangkan kompetisi global. PT PGASCOM merupakan anak perusahaan dari PT Gas Negara (Persero) Tbk yang bergerak di bidang penyediaan layanan jaringan telekomunikasi. Sebagai perusahaan backbone provider, PT. PGASCOM mengoperasikan jaringan serat optik bagi industri telekomunikasi di Indonesia. PT. PGASCOM mengelola jaringan serat optik milik PGN yang membentang sepanjang 1.300 km dari Singapura ke Batam, Jambi, Gresik, Prabumulih (jalur jaringan dari Bandar Lampung sampai ke Jakarta dan seterusnya yang merupakan pengembangan jaringan yang dibangun oleh PT. PGASCOM sendiri).

Seperti perusahaan pada umum selalu mempunyai permasalahan yang berkaitan dengan SDM, begitu juga dengan PT. PGASCOM mempunyai permasalahan dalam proses promosi jabatan. Promosi jabatan merupakan pemberian jabatan yang akan mempunyai tanggung jawab yang lebih besar. Pada perusahaan ini ikatan informal yang kuat diciptakan antara karyawan satu dengan yang lainnya sehingga dapat membuat minat, ide, nilai, kepercayaan dan sikap satu sama lainnya menjadi sama. Sebagai akibat adanya ikatan informal seperti itu antara pengambil keputusan dengan kandidat promosional dapat menjadi faktor signifikan dalam memutuskan siapa yang akan mendapatkan promosi jabatan dan yang belum akan mendapatkan promosi jabatan. Terutama pada level organisasional puncak, eksekutif lebih menyukai bekerja dengan orang-orang yang mempunyai perasaan dan persepsi merupakan cermin dari mereka sendiri. Artinya hal ini menunjukkan adanya ketidakadilan dari pimpinan dalam melakukan proses promosi jabatan. Pimpinan lebih memprioritaskan karyawan  yang dikenalnya untuk dipromosikan dibandingkan dengan penilaian jabatan. PGASCOM belum menerapkan standar seleksi penerimaan karyawan secara objektif sehingga dalam melakukan proses seleksi penerimaan calon karyawan lebih kepada hubungan kekerabatan. Seperti yang di kemukakan oleh Handoko (2012) standar merupakan suatu ukuran apakah tujuan yang diinginkan dapat dicapai. Tanpa standar, tidak dapat diketahui kapan suatu tujuan tercapai. Berdasarkan dari pengamatan awal dengan adanya sistem promosi yang belum berdasarkan prestasi dan sistem seleksi penerimaan karyawan yang belum optimal dalam menerima karyawan. Hal ini akan berakibat kepada pelaksanaan tugas yang akan di emban oleh karyawan tersebut, yang akhirnya akan berakibat pada kinerja dari karyawan.

Berdasarkan uraian di atas maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini apakah promosi dan seleksi penerimaan karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. PGASCOM Palembang.

JURNAL

This entry was posted in BUDAYA ORGANISASI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *