PENELITIAN PEGANGGURAN

Analisis Tingkat Pengangguran Antar Kabupaten

 Di Provinsi Sumatera Selatan

Oleh:  Wiwin Agustian

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja, angka ketergantungan terhadap tingkat pengangguran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan model linier regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan ekonomi berpengaruh secara negatif terhadap tingkat pengangguran, yang berarti jika pertumbuhan meningkat akan mengurangi tingkat pengangguran, begitu juga variabel kesempatan kerja berpengaruh secara negatif dan signifikan, bearti jika adanya kesempatan kerja akan mengurangi tingkat pengangguran. Sedangkan variabel angka ketergantungan berpengaruh secara positif dan signifikan, bearti jika adanya pningkatan angka ketergantungan maka akan menaikkan tingkat pengangguran.

Dapat disimpulkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja dan angka ketergantungan berpengaruh terhadap tingkat pengangguran antar kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan.

jurnapengangguran

This entry was posted in EKONOMI, MANAJEMEN SDM, PENELITIAN, PENELITIAN EKONOMI and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *