SAP INTERPERSONAL SKILL

Dibuat Oleh

Diperiksa Oleh

Disahkan oleh

Berlaku Tanggal

1 Oktober 2008

TIM

 

 

  1. Fakultas                             : Ekonomi
  2. Program Studi                   : Manajemen Perusahaan                    Diploma : Tiga
  3. Nama Mata Kuliah            : Interpersonal Skill
  4. Kode Mata Kuliah                        : 147AM5201
  5. Kredit                                : 2
  6. Prasyarat                           :  –
  7. Status Mata Kuliah           :  Wajib
    1. Deskripsi                           :  Mata kuliah ini berisi materi mengenai kecakapan antarpersonal yang diharapkan akan mendorong peningkatan kinerja seorang di bagian apapun tempatnya atau posisi apapun yang dipegangnya. Kemampuan dalam membina hubungan interpersonal akan memudahkan penyelesaian tugas sehari-hari apalagi tugas dalam teamwork. Karena bagaimanapun akan sulit membangun teamwork yang tangguh bila ketrampilan interpersonal dan komunikasi ini tidak dimiliki.

 

9.    Kompetensi                      : –

 

9.        Implementasi Proses Pembelajaran Mingguan :

 

No

Pokok Bahasan / Materi Pembelajaran

Sub Pokok Bahasan

Sumber Pustaka

Keterangan

1

Pengenalan Konsep Komunikasi Pengenalan konsep komunikasi satu ke satu orang, satu ke beberapa orang, satu ke publik serta media penyebaran pesannya Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

2

Basic Communication Principles –          Miskomunikasi-          Distorsi Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

3

Basic Skill in Public Speaking Public Speaking Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

4

Skill in Proposing and Reporting –          Struktur laporan-          Jenis-jenis proposal

 

Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

5

QUIZ

6

Basic Skill in Presentation

 

–          ciri-ciri presentasi yang efektif-          menyusun ide

–          Slide presentasi

–          Bahasa tubuh dan Intonasi suara

Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

6

Penampilan Luar yang Menarik & Serasi (Dress Up) 1 –  konsep proyeksi citra-  body language Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

7

Penampilan Luar yang Menarik & Serasi (Dress Up) 2 makeup dan asesori Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

8

Forum Diskusi

 

kinerja presentasi Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

9

UTS

 

 

10

Time Management  –          Konsep mengelola waktu-          Menyusun Jadwal Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

11

Manajemen Rapat –          ciri-ciri rapat yang efektif-           konsep menyiapkan dan melaksanakan rapat yang efektif

–          Persiapan Rapat, Ruangan, Mengenal Peserta Rapat, Memimpin Rapat, dan mengakhiri rapat

Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

12

Facilitation Skills (Listening Skills and Giving Feedbacks)  –          konsep fasilitasi yang baik-          standard cost Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.  

 

 

 

 

13

Basic Skills in Negotiation & Interviewing  –          ciri-ciri negosiasi efektif-          mendefinisikan kemenangan dalam negosiasi

 

Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

14

Team Building  –          ciri-ciri tim yang bisa bekerja secara efisien dan efektif-          Tahapan kedewasaan tim

 

Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

15

Etika Makan Resmi (Table Manner)  –          etika dalam jamuan makan resmi-          Susunan alat makan

 

Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

16

 Ujian Akhir Semester

 

16

 Ujian Akhir Semester

 

10.  Evaluasi                            :

11.  Daftar Buku Rujukan      : Interpersonal Skills in Organizations, De Janasz, Suzanne et. all, Mc.GrawHill International. New York. 2006.

 

 

.

This entry was posted in BUDAYA ORGANISASI and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *