SAP MANAJEMEN PEMASARAN

ISO 9001 : 2008

FORMULIR

PEDOMAN PENGAJARAN

Nomor Dok       : FRM/KUL/01/02
Nomor Revisi    : 03
Tgl. Berlaku       : 1 Oktober 2008
Klausa ISO        : 7.5.1, dan 7

 

Dibuat Oleh

Diperiksa Oleh

Disahkan Oleh

Berlaku Tanggal

 

 

 

 

Team

 

1. Fakultas                            : Ekonomi

2. Program Studi                 : Manajemen Perusahaan              Strata : Diploma III

3. Nama Mata kuliah          : Manajemen Pemasaran

4. Kode Mata Kuliah           : KB.51.33

5. Prasyarat                          : –

6. Status Mata Kuliah         : Wajib

7. Deskripsi                          : Mata kuliah manajemen pemasaran ini mengungkapkan dan menjelaskan mengenai konsep yang berkaitan dengan Implementasi konsep manajemen di bidang pemasaran sejak analisis lingkungan pasar, penentuan target, perencanaan bauran pemasaran, organisasi pemasaran, kebijakan dan strategi pemasaran, serta pengawasan pemasaran dengan permasalahannya.

8. Kompetensi                     : Setelah perkuliahan manajemen pemasaran berakhir, diharapkan para mahasiswa dapat mengetahui,memahami,dan memberikan contoh-contoh mengenai implementasi konsep manajemen  di bidang pemasaran sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

 

 

9. Implementasi Proses Pembelajaran

 

No.

Pokok Bahasan/Materi Pembelajaran

Sub Pokok Bahasan

Sumber Pustaka

Keterangan

1

Pendahuluaan a.  Istilah dan pengertian pemasaranb.  peranan atau tujuan pemasaran

c.  faktor-faktor yang mempengaruhi

d.  langkah-kangkah pemasaran

Lihat Butir 11

2

Konsep pemasaran a.  Pengertian konsepb.  paradigma lama dan baru

c.  perbedaan konsep konvensional dengan modern

 

sda

3

Pendekatan pemasaran a.  Pengertian Marketingb.  Jenis-jenis

c.  perbedaan

d.  Contoh-contohnya

sda

4

Review a.  Pendahuluanb.  Konsep pemasaran

c.  Marketing approach

sda

5

Lingkungan pemasaran a.  pengertian lingkunganb.  Unsur-unsur Lingkungan intern dan ekstern

c.  sistem pemasaran

d.  Pengaruh lingkungan terhadap pemasaran

 

sda

6

Riset pemasaran a.  pengertian riset pemasaranb.  manfaat riset pemasaran

c.  metode riset pemasaran

d.  ruang lingkup riset pemasaran

e.  laporan riset pemasaran

sda

7

Penentuan SPT a.  Pengertian SPT dalam pemasaranb.  Unsur-unsur SPT dan Analisisnya

c.  Manfaat dalam manajemen pemasaran

sda

8

Ujian mid semester

9

Prilaku konsumen a.  Pengertian Prilaku konsumenb.  unsur-unsur prilaku konsumen

c.  segmentasi prilaku konsumen

d.  Manfaat prilaku Konsumen

sda

10

Perencanaan pemasaran a.  pengertianperencanaan pemasaran

b.  jenis dan ruang lingkup rencana pemasaran

c.  Contoh-contoh Rencana pemasaran

sda

11

Kebijakan dan stategi pemasaran a.  pengertian kebijakan dan strategi pemasaranb.  jenis kebijakan dan strategi pemasaran

sda

12

Review a.  prilaku konsumenb.  prencanaan pemasaran

c.  Organisasi pemasaran

d.  Kebijakan dan strategi pemasaran

sda

13

Pengawasan pemasaran a.  pengertian pengawasan pemasaranb. Metode pengawasan pemasaran

c.  Pembuatan penilaian pemasaran

sda

14

Pembahasan kasus-kasus pemasaran a.  Contoh kasus pemasaranb.  Pendekatan pembahasannya

c.  Alternatif pemacahan kasus

sda

15

Bidang penerapan manajemen pemasaran a.  Penjelasan umum tentang bidang penerapan pemasaranb. Jenis-jenis penerapan manajemen pemasaran

sda

16

Ujian Akhir Semester

 

 

10. Evaluasi  :

  1. Menyelesaikan tugas-tugas di rumah dan di kelas sebagai berikut :
    1. Membuat tugas yang akan dikerjakan di rumah
    2. Mengerjakan soal di kelas dan dikumpulkan untuk dievaluasi hasilnya
    3. Mengerjakan soal dengan memanggil siswa untuk dikerjakan di depan kelas dengan pengawasan dosen yang bersangkutan.
    4. Kuis                                : 10%
    5. Tugas Harian                : 10%
    6. Ujian Mid Test              : 30%
    7. Ujian Akhir Semester : 40%
    8. Jumlah Kehadiran      : 10%

 

 

 

11. Daftar buku rujukan :

 

  1. Marketing Management (Philip Kotler)
  2. Marketing Management (Jerome Mc Carthy).
  3. Marketing Management (William J. Stanton).
  4. Managemen pemasaran (Basu Swastha).

 

 

This entry was posted in SAP, SAP EKONOMI and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *