RISET PASAR KOPERASI

RISET PASAR KOPERASI

  • Riset Pasar (market research) merupakan sarana untuk mengumpulkan informasi yang menjadi dasar perencanaan pasar.
  • Riset ini mencakup kegiatan sistematis dalam pengumpulan, analisis dan interpretasi data yang berkaitan dengan perusahaan, pelanggan, dan pesaing suatu perusahaan.
  • Riset pasar eksternal dilakukan untuk mengurangi risiko yang berhubungan dengan pengambilan keputusan manajer (pengelola).
  • Riset dapat menggantikan kesalahan informasi yang keliru maupun asumsi dengan fakta

MENDEFINISIKAN MASALAH

  • Pendefinisian masalah (problem definition) yang dimaksud di sini adalah proses mengkarakteristikkan masalah-masalah substantif ke dalam istilah-istilah yang paling dasar dan umum.
  • Guna mencari permasalahan, perusahaan koperasi dapat mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan bisnis koperasi.
  • Semua pertanyaan harus dijawab agar perusahaan koperasi mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggannya.

MENGUMPULKAN DATA

Perusahaan koperasi dapat menggunakan pendekatan pemasaran perorangan (satu lawan satu) atau individualized (one-to-one marketing) di pasar eksternal untuk mengumpulkan data dari setiap konsumen kemudian mengembangkan program pemasaran yang dirancang khusus untuk menarik kebutuhan, selera, dan kesukaan mereka.

MENGANALISIS DAN MENAFSIRKAN DATA

  • Hasil riset itu sendiri belum merupakan penyelesaian terhadap masalah, manajemen koperasi masih harus memberi arti pada hasil riset.

Tidak ada cara yang cepat dan tepat dalam menafsirkan hasil riset pasar; manajer koperasi harus menggunakan akal sehat untuk menentukan arti angka-angka tersebut

  • Berdasarkan pemahaman atas arti fakta-fakta yang diperoleh, manajemen koperasi harus memutuskan bagaimana menggunakan informasi tersebut dalam bisnis.
  • Riset pasar yang menyeluruh merupakan dasar dari perencanaan pemasaran yang berhasil.
  • Pada penelitian primer di mana semua informasi dikumpulkan sendiri, sumber informasi itu bisa berasal dari:

 

MENARIK KESIMPULAN DAN BERTINDAK

  1. Survei pelanggan dan kuesioner.
  2. Kelompok fokus.
  3. Transaksi harian.
  4. Gagasan lain.
  5. Pada penelitian sekunder yang menggunakan basis data bukan secara langsung dari responden, sumber informasi di antaranya dapat diperoleh dari:
  6. Direktori bisnis.
  7. Daftar direct-mail.
  8. Data demografis.
  9. Data sensus.
  10. Riset pasar pihak lain.
  11. Media masa.
  12. Data setempat, dan lain-lain.

 

This entry was posted in EKONOMI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *