RISET PASAR KOPERASI
- Riset Pasar (market research) merupakan sarana untuk mengumpulkan informasi yang menjadi dasar perencanaan pasar.
- Riset ini mencakup kegiatan sistematis dalam pengumpulan, analisis dan interpretasi data yang berkaitan dengan perusahaan, pelanggan, dan pesaing suatu perusahaan.
- Riset pasar eksternal dilakukan untuk mengurangi risiko yang berhubungan dengan pengambilan keputusan manajer (pengelola).
- Riset dapat menggantikan kesalahan informasi yang keliru maupun asumsi dengan fakta
MENDEFINISIKAN MASALAH
- Pendefinisian masalah (problem definition) yang dimaksud di sini adalah proses mengkarakteristikkan masalah-masalah substantif ke dalam istilah-istilah yang paling dasar dan umum.
- Guna mencari permasalahan, perusahaan koperasi dapat mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan bisnis koperasi.
- Semua pertanyaan harus dijawab agar perusahaan koperasi mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggannya.
MENGUMPULKAN DATA
Perusahaan koperasi dapat menggunakan pendekatan pemasaran perorangan (satu lawan satu) atau individualized (one-to-one marketing) di pasar eksternal untuk mengumpulkan data dari setiap konsumen kemudian mengembangkan program pemasaran yang dirancang khusus untuk menarik kebutuhan, selera, dan kesukaan mereka.
MENGANALISIS DAN MENAFSIRKAN DATA
- Hasil riset itu sendiri belum merupakan penyelesaian terhadap masalah, manajemen koperasi masih harus memberi arti pada hasil riset.
Tidak ada cara yang cepat dan tepat dalam menafsirkan hasil riset pasar; manajer koperasi harus menggunakan akal sehat untuk menentukan arti angka-angka tersebut
- Berdasarkan pemahaman atas arti fakta-fakta yang diperoleh, manajemen koperasi harus memutuskan bagaimana menggunakan informasi tersebut dalam bisnis.
- Riset pasar yang menyeluruh merupakan dasar dari perencanaan pemasaran yang berhasil.
- Pada penelitian primer di mana semua informasi dikumpulkan sendiri, sumber informasi itu bisa berasal dari:
MENARIK KESIMPULAN DAN BERTINDAK
- Survei pelanggan dan kuesioner.
- Kelompok fokus.
- Transaksi harian.
- Gagasan lain.
- Pada penelitian sekunder yang menggunakan basis data bukan secara langsung dari responden, sumber informasi di antaranya dapat diperoleh dari:
- Direktori bisnis.
- Daftar direct-mail.
- Data demografis.
- Data sensus.
- Riset pasar pihak lain.
- Media masa.
- Data setempat, dan lain-lain.