Uhang Dihi
Anak Rantau

Maping Daerah Tujuan Wisata Danau Ranau

     Posted on Ming ,27/03/2016 by yani_ranius

Berbicara masalah Objek Wisata kita selalu terpaku akan keindahan objek wisata baik didalam negeri seperti ; Bali, Jogyakarta, Lombok maupun diluar negeri seperti ; Singapore, Malaysia, Thailand sehingga kita memfokuskan diri untuk kesana dengan menabung uang yang tidak sedikit. Kita melupakan keindahan objek wisata di daerah sendiri yang sebetulnya tidak kalah jika dibandingkan dengan objek wisata didalam dan luar negeri.

Menjawab  pertanyaan mengenai destinasi wisata di Sumatera Selatan sulit mendapat jawaban yang tuntas, jika pertanyaan itu telah diperoleh melalui pemetaan wisata seperti;

  1. Berapa lama perjalanan
  2. Dimana tempat perhentian/ rest area setiap 2 jam perjalanan
  3. Objek wisata apa saja didaerah yang akan dituju dan daerah yang kita lalui
  4. Sarana Akomodasi
  5. Makanan, cindera mata sebagai Kenangan
  6. Masyarakat, Budaya daerah dan lain lain sebagainya.

Hal inilah yang akan dijalani oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Bina Darma Palembang Program Studi Manajemen Perusahaan Konsentrasi Industri Pariwisata dan perhotelan terhadap ketertarikan untuk mengadakan kegiatan “Mengenal Daerah Wisata Sendiri”

Danau Ranau karena daerah ini memiliki objek wisata yang komplit seperti; Danau, Air terjun, Air panas, Pegunungan, Irigasi sawah, Kebun Teh, Tapak Sipahit Lidah dll, sayangnya informasi untuk menuju kesana informasinya masih minim.

Kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk mata kuliah seperti; Front Office, Housekeeping, Praktek Komunikasi, Tour and Travel sehingga hasil dari kunjungan ini, dapat dibuat paket wisata yang akan dijual ke travel agent maupun teman teman kuliah di Universitas Bina Darma. Sehingga nantinya kegiatan ini akan menjadi acuan “Wisata Pelajar” SMA, SMP dan SD di Sumatera Selatan. Juga akan melihat sarana Akomodasi adakah hotel yang layak, dapatkah rumah penduduk ditempati sebagai home stay, souvenir, makanan khas daerah. Disamping itu kegiatan ini berkaitan erat dengan mata kuliah Bahasa Inggris guna menghadapi persaingan di masyarakat Ekonomi Asean yang sudah dimulai di tahun ini.

Maksud dan tujuan kegiatan ini :

  1. Mengenal Daerah Wisata Sendiri
  2. Menimbulkan cinta kepada daerah wisata sendiri sehingga akan dilanjutkan ke daerah kabupaten lainnya.
  3. Menciptakan multiflier effect dari kegiatan Pariwisata yang dapat menjadi motor penggerak roda perekonomian perdesaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan ekonomi kerakyatan.
  4. Memberikan wawasan, pengetahuan dan kesadaran pariwisata kepada masyarakat daerah wisata desa Pantai, Kotabatu, kec Warkuk Ranau Selatan Kabupaten OKU Selatan sehingga dapat diciptakan Desa wisata nantinya.

Jayalah Wisata Indonesia.

Audensi Universitas Bina Darma-Pemkab OKU Selatan

     Posted on Rab ,23/03/2016 by yani_ranius

Sebagai wujud melaksanakan tridarma perguruan tinggi, Universitas Bina Darma memberikan penawaran kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten OKU Selatan terhadap peningkatan sumber daya manusia untuk melanjutkan pendidikan. Kesempatan melanjutkan pendidikan dapat ditawarkan kepada pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab OKU Selatan. Selain itu Universitas Bina Darma siap dan bersedia mengabdikan ilmu dengan cara memberikan penawaran dibidang teknologi informatika untuk penerapan e_goverment di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Universitas Bina Darma juga akan berperan dibidang pariwisata dengan cara melakukan kegiatan sejenis penelitian yaitu maping daerah tujuan wisata yang ada di OKU Selatan sebagai wujud pengabdian masyakat. Maping ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan daerah tujuan pariwisata yang ada di OKU Selatan terutama Danau Ranau. Pada akhirnya hasil dari maping ini, mahasiswa dapat menawrkan atau mempromosikan wisata yang ada ke pelajar atau wisatawan untuk wisata ke Danau Ranau.

Selanjutnya dari rangkaian kegiatan ini diharapkan semakin erat terjalin silaturahim antara Universitas Bina Darma dan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan untuk mengisi dan berperan dalam pembangunan.

 

WISATA DESA BANDAR AGUNG

     Posted on Sen ,21/03/2016 by yani_ranius

Danau Ranau terletak di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Propinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Konon cerita masyarakat setempat, karena danau tersebut dikelilingi ditumbuhi berbagai tumbuhan semak yang diartikan masyarakat setempat disebut ranau. Maka danau itu dinamakan Danau Ranau yang terbentuk karena sisa gunung api yang kini menjadi Gunung Seminung dan berdiri kokoh di tepi danau berair jernih.

Desa Bandar Agung Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan Sumatera Selatan, dari sisi ekoturisme serta keindahan alam yang khas dipenuhi oleh berbagai kekayaan alami dengan panorama yang menawan. Sadar wisata sepertinya harus menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat desa Bandar Agung dan beberapa desa disekitar objek wisata. Pengetahuan masyarakat terhadap sadar wisata akan mempengaruhi keberlansungan objek wisata setempat dan wisatawan yang akan datang. Untuk itulah dipandang perlu pemahaman masyarakat dalam kehidupan keseharian terhadap kepariwisataan.

Gerhana Gagal Terlihat

     Posted on Kam ,10/03/2016 by yani_ranius

Sejak subuh para warga dan wisatawan sudah memadati area Jembatan Ampera, yang sudah ditutup untuk kendaraan bermotor mulai pukul 00.00 WIB. Pagi itu semuanya sudah siap untuk menyaksikan detik-detik terjadinya gerhana. Namun langit Palembang masih ditutupi mendung dan awan. Sayang memang, detik-detik matahari ditutupi bulan hanya terlihat sesekali dan diiringi oleh decak kagum warga sambil menyebut Allahu Akbar.

Semua warga Palembang dan wisatawan berduyun-duyun mendatangi Jembatan Ampera sebagai tempat pusat perhatian GMT. Sangat strategis memang untuk menyaksikan GMT tersebut.

Tepat pukul 07.20, saat perkiraan bulan menutup matahari secara sempurna atau GMT pun tiba, semua mata tertuju ke langit. Namun awan hitam tak mau enyah. Hingga GMT berakhir, tak ada yang terlihat sama sekali. Padahal dari BMKG cuaca di tempat itu tak masalah. Cuma ada selentingan dari warga bahwa akan terhalang awan hitam yang mengepul berasal dari pabrik. Terlihat juga memang tumpukan awan hitam searah dengan asap yang keluar dari cerobong pabrik atau uap air hasil steem pabrik yang menguap ke udara. Palembang pun gagal menyaksikan gerhana matahari total, semua pulang dengan kecewa, terlebih para pendatang dari mancanegara.

http://www.kompasiana.com

Gerhana Matahari Total (GMT)

     Posted on Kam ,10/03/2016 by yani_ranius

Rabu, 9 Maret 2016, adalah hari yang istimewa. Bumi akan menjadi gelap karena sinar matahari terhalang bulan. Gerhana matahari adalah fenomena berubahnya bentuk matahari karena tertutupi oleh bulan baik sebagian ataupun seluruhnya. Dengan begitu matahari yang awalnya terlihat bulat sempurna akan berubah menjadi sabit pada gerhana matahari sebagian (GMS) ataupun hilang seluruhnya pada gerhana matahari total (GMT). Untuk mempermudah menyatakan seberapa besar matahari tergerhanai oleh bulan, maka digunakan pula patokan magnitudo gerhana. Bumi akan menjadi gelap karena sinar matahari terhalang bulan.

Yang langka, fenomena ini hanya akan terjadi atas bumi nusantara. Tak heran jika hari-hari ini para peneliti, masyarakat, dan turis telah berkumpul di sejumlah wilayah di Indonesia yang bakal dilintasi Gerhana Matahari total.

Pempek Panggang

     Posted on Sen ,07/03/2016 by yani_ranius

Pempek secara umum dapat diingatkan pasti ada cuka untuk cocolannya. tetapi jika anda tanyakan ke orang Palembang, ‘Pempek mana yang paling enak?’ maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda. Mengapa ? . Kerena banyaknya varian dari pempek yang ada di Palembang, tiap-tiap orang bisa jadi memiliki pempek favorit masing masing.

Diantara varian yang ada adalah “pempem panggang” .

Harganya sudah pasti lebih murah dari pempek bermerk, dan mengenai rasa–anda bakal kaget sendiri ketika menemukan bahwa pempek panggang itu ternyata rasanya tidak kalah dengan pempek digoren ataupun direbus.

Pempek panggang dibuat melalui proses pemanggangan namanya saja pempek panggang, tidak perlu di rebus atau digoreng terlebih dahulu. Dari adonan terigu dan ikan, pempek langsung dipanggang hingga matang yang biasanya ditandai dengan “dozz…” saat proses pemanggangan. Setelah matang pempek tersebut di belah dan diisi dengan bumbu yang terbuat dari udang rebon dicampus kecap manis + sedikit jeruk kunci dan cabe rawit giling bila ingin pedas.

Pempek

     Posted on Sen ,07/03/2016 by yani_ranius
http://hellopalembang.com/wp-content/uploads/2015/05/maman1.jpg

Jika kalian sedang beradadi Palembang, entah itu dalam rangka berlibur, kunjungan kerja,  bahkan pulang kampung. Pasti the first thing to do  saat wisata Palembang adalah menikmati kelezatan pempek. Karena kalau tidak makan pempek beserta cukonya serasa pasti ada yang kurang lengkap dan pastinya ada rasa sedikit nyesek didalam dada.

Wisata kuliner adalah hal yang wajib dilakukan bagi para traveler yang ingin berkunjung ke Palembang. Bahkan tidak sulit untuk menemukan rumah-rumah makan yang menyediakan makan khas Palembang, karena hampir di setiap sudut jalan raya di kota Palembang sudah terpampang jelas tulisan “Pempek”. So… bagaimana dengan harganya…?. Terkadang harga yang ditawarkan relatif sedikit mahal untuk satu buah pempek di sebuah rumah makan, bisa mencapai Rp. 3.500,- per satu pempek, “sikok bae kurang rasonya, nak nambah tula” yang artinya satu aja gak cukup, bawaannya pengen nambah aja.

Oleh karena itu HelloPalembang.com memberikan solusi dimana makan pempek banyak gak perlu takut kemahalan, bahkan bisa menjadi murah meriah, enak rasanya bak restoran bintang lima. Serius loh…! ada sebuah kawasan yang menyediahkan harga miring untuk berbagai jenis makanan khas Palembang, mulai dari pempek berserta turunannya, lenggang, model, tekwan, mie celor, and many more. Wisata kuliner murah meriah tersebut berada di Pasar 26 Ilir Palembang.

Kawasan Pasar 26 Ilir Palembang ini juga mudah banget kok ditemukan, lokasinya sebrang gak jauh dari kantor walikota Palembang, selain itu juga dekat dengan Landmark kota Palembang, seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Monpera, Masjid Agung Palembang, bahkan dekat juga dengan Taman Kambang Iwak. Jadi setelah Traveler usai mengexplorer Landmark kota Palembang, ada baiknya (harus) berwisata kuliner di Pasar 26 Ilir.

Untuk harga, disini murah banget loh, seperti pempek kecil mulai dari Rp. 800, hingga Rp. 1.200, Model dan Tekwan kisaran Rp. 5.000, Kapal Selam kisaran Rp. 8.000, Lenjer Besak dan Lenggang kisaran Rp. 10.000, Es kacang Merah kisaran Rp. 7.000, dan masih banyak lagi yang murah meria.

Meskipun murah meriah dan enak bak restoran bintang lima, disini makanannya aman kok, alhamdulliah gak pernah terdengar berita aneh-aneh dari Pasar 26 Ilir Palembang. Karena kawasan ini sudah terkenal sejak dulu, baik itu hasil kerajinan kasur, makanan, rasa dari makanannya, bahkan keamanan dari makanan tersebut. Hal ini juga dibuktikan dengan selalu ramainya kawasan ini setiap hari dan bahkan makan khas Palembang disini lari manis. Dan salah satu faktor kenapa makanan di sini murah adalah, dikarenakan hampir semua deretan ruko disini menjual makanan yang sama, yakni berbagai jenis makan khas Palembang, oleh karena itu harganya bersaing, dan tergantung dari Traveler mau pilih yang mana. Oh iya… ini tips yang biasa digunakan jika bingung memilih tempat makan, yakni coba perhatikan sekitar, kemudian lihat dimana tempat makan yang ramai pengunjungnya, oke… sepertinya itu tempat makan menjanjikan rasa yang enak.

Maka dari itu pesan dari sekarang deh Tiket ke Palembang, apalagi menjelang libur biar lebih murah, dijamin hasrat para Traveler pencinta kuliner tertuntaskan.

http://hellopalembang.com

Pembekalan Kepariwisataan bagi pengelola Desa Wisata

     Posted on Sen ,07/03/2016 by yani_ranius
Pariwista seringkali depersepsikan sebagai mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa bagi pembangunan ekonomi di suaru negara, tanpa terkecuali di Indonesia. Namun demikian pada kenyataannya, pariwisata memiliki spektrum fndamental pembangunan yang lebih luas bagi suatu Negara, diantaranya adalah sebagai alat persatuan dan kesatuan bangsa, penghapusan kemiskinan  (povety alleviation), pembangunan berkesinambungan (sustainable development) dan peningkatan ekonomi dan industri.
Salah satu wisata tematik yang bernuansa alami dan sudah dilirik oleh para wisatawan adalah wisata pedesaan. Saat ini wisata pedesaan dengan segala potensi dan kearifan lokalnya, didorong untuk maju berkembang sebagai destinasi baru kepariwisataan Indonesia.
Adapun konsep pengembangan wisata yang berbasis desa didasarkan pada keterlibatan sumber daya lokal, alam, manusia, maupun kelembagaan masyarakat.
Pengelolaan wisata pedesaan dengan menerapkan sistem menajemen yang profesional, baik dari sudut pelayanan, maupun pengelolaan tidak hanya akan membawa kepuasan bagi wisatawan, tetapi juga tumbuhnya ekonomi di pedesaan tersebut dan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.
Pada kesempatan acara ini sebagai narasumber diantaranya Pak Doto Yogantoro, Pak Zulkifli Harahap, dan Pak Renalmon. Khusus Pak Doto Yogantoro, beliau adalah yang ke-2 kalinya bertemu dengan LKM Danau OPI. Dua tahun yang lalu beliau datang ke LKM Danau OPI sebagai tim penilai dari Kementrian Pariwisata untuk lomba Desa Wisata saat itu LKM Danau OPI sudah termasuk nominasi 17 besar dari 330 Desa Wisata yang ada di Indonesia. Terima kasih bapak yang telah memberikan pencerahan dan membagi ilmunya kepada LKM Danau OPI.
http://wisatadanauopi.blogspot.co.id/

Pelajar India

     Posted on Sen ,07/03/2016 by yani_ranius

 

Pertukaran mahasiswa antara Indonesia dan India sudah mulai terjalin baik pelajar/mahasiswa Indonesia ke Indian ataupun sebaliknya. Program tersebut telah dilaksanakan baik ditingkat perguruan tinggi ataupun di tinggat sekolah menengah. Dari rangakaian kegiatan berlangsung selain mereka tugasnya belajar juga akan mengenal masing-masing budaya yang ada di negara tempat mereka belajar. Selain itu ada juga yang menyempatkan waktu untuk berekreasi sebagai cara menghilangkan rasa jenu atau penat disela-sela aktifitas kewajiban mereka. Salah satu tujuannnya adalah di Wisata Air Bebek Aye seperti yang dilakukan oleh para pelajar yang berasal dari India. Mereka menyempatkan untuk berwisata dan bermain serta dapat mengenal keadaan lingkungan di danau OPI. Sambil menggunakan permainan bebek-bebekan mereka bersenda gurau dan menikmasi suasana danau OPI. Nampak keceriaan mereka menikmati permainan yang ada dan saat itulah mereka merasa senang.

 

Selamat datang di Wisata Air Bebebk Aye, semoga tugas belajarnya sukses dan wisatanya menyenangkan. Mudah-mudahan dapat kembali lagi di Wisata Air Bebebk Aye, terima kasih atas kunjungannya

http://wisatadanauopi.blogspot.co.id/

Libur Tahun Baru 2016

     Posted on Sen ,07/03/2016 by yani_ranius
Libur Natal dan cuti bersama sejak Jum’at-Minggu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Kota Palembang dan sekitarnya serta wisatawan mancanegara untuk berlibur mendatangi tempat-tempat wisata bersama keluarga dan teman. Namun libur selama tigat hari tak membuat tempat wisata di Danau Ogan Permata Indah (OPI) di Jakabaring Palembang ramai. Animo masyarakat pada hari Jum’at hingga Minggu kemarin sudah nampak terutama di lokasi Wisata Air Bebek Aye.
   
Wahana yang disuguhkan pada liburan kali ini masih sama seperti dulu yaitu Banana Boat, Perahu Naga dan  bebekan. Jajanannya pun tetap ada seperti Model, dan Tekwan, Bakso, Mie Ayam, Mei Goren, Nasi Goreng, jagung bakar serta lainnya dan dapat dinikmati bersama minuman es kelapa muda atau softdrink lainnya.
Semakin sore pada hari Jum’at di hari pertama tahun 2016, semakin ramai pengunjungny. Suasana semakin seru ketika hujanpun turun saat berbain Bananaboat sambil bermandi-ria sambil main hujan. Hanya saja bagi pengunjung yang tdk main basah-basahan merasa terusik dengan hadirnya hujan namun tetap antusias mengisi liburan tahun barunya.
Bagi Wisata Air Bebebk Aye suasana seperti ini adalah suatu dinamika pengunjung, ada yang senang dengan datangnya hujan akan lebih seru bermain Bananaboat atau juga bebekan dan kalau naik Perahu Naga masih bisa jalan karena terlindungi atap. Ada juga yg hanya berteduh sampil menikmati makanan dan minuman yang hangat-hangat seperti Model, Tekwan, Bakso, Mie Ayam, Mie Goreng, Nasi Goreng dan Mie Rebus atau yang lainnya.
Selamat Menikmati.
http://wisatadanauopi.blogspot.co.id/